Minggu, 18 September 2016

Hadiah Rp2.6M Bagi Yang Berhasil Membobol Android Nougat

Hadiah Rp2.6M Bagi Yang Berhasil Membobol Android Nougat
Hadiah Rp2.6M Bagi Yang Berhasil Membobol Android Nougat

Google Menggelar sayembara berburu celah keamanan di sistem operasi Android seri terbarunya, yaitu 7.0 Nougat. Google sudah menyiapkan hadiah uang tunai senilai 200.000 dollar AS (setara dengan Rp2.6 miliar) bagi pemenang utama.

Inisiatif tersebut dicetuskan Google melalui kampanye Project Zero Security Contest yang diumumkan pada hari Rabu (14/9/2016) lalu.

Baca Juga: Daftar Perangkat Apple yang Kebagian iOS 10

"Tujuan kontes ini untuk mencari celah kemanan atau rantai bug yang bisa membuka kode eksekusi secara remote di berbagai perangkat Android, dengan hanya mengetahui nomor ponsel dan alamat e-mail,"ucap perwakilan Google, Natalie Silvanovich.

Jadi maksudnya, untuk memenangkan kompetisi tersebut, Google meminta peretas membobol Android 7.0 Nougat hanya dengan menggunakan SMS atau e-mail.

Si peretas akan diberitahu kalau sistem operasi tersebut dipasang di dua perangkat Google Nexus, yaitu Nexus 6P (Buatan Huawei) dan Nexus 5X (Buatan LG). Namun, akan lebih baik lagi jika si peretas membobol Android 7.0 Nougat di perangkat lain.

Nantinya semua peserta akan diminta untuk menjelaskan celah keamanan (bug) yang mereka temukan dalam sebuah laporan yang juga akan diposting di blog Goolge. Kometisi ini akan berjalan selama 6 bulan semenjak bulan september ini.

Selain hadiah uatama senilai 200.000 dollar AS untuk pemenang utama, Google juga menyediakan 100.000 dollar AS (setara dengan  Rp1,3 miliar) untuk runner-up dan 50.000 dollar AS (setara dengan (Rp650 juta) sebagai hadiah hiburan bagi peserta yang belum disebutkan jumlahnya.

Bug-bug atau celah-celah keamanan yang ditemukan si peretas akan dipakai oleh Google untuk penyempurnaan sistem operasi Android 7.0 Nougat. Informasi lebih detai tentang kompetisi Project Zero ini bisa dilihat di blog Google di tautan ini.

1 komentar so far

haha menantang banget nih hadiahnya. apalah daya saya ga tau soal begituan :D


EmoticonEmoticon