Senin, 19 September 2016

Awas ! Ada Virus Trojan Di Aplikasi Guide For Pokemon Go

Awas ! Ada Virus Trojan Di Aplikasi Guide For Pokemon Go
Awas ! Ada Virus Trojan Di Aplikasi Guide For Pokemon Go

Pokemon Go, game yang berbasis AR (Augmented Reality) yang menjadi fenomenal dalam dua bulan terakhir ini, juga menarik perhatian para pembuat virus Trojan dengan memanfaatkan nama Pokemon Go untuk menginfeksi perangkat Android

Menurut Kaspersky, virus Trojan masuk ke perangkat Android dengan menyamar sebagai Aplikasi "Guide For Pokemon Go" yang ada di Play Store.

"Hingga saat ini, trojan tersebut telah telah diunduh lebih dari 500.000 kali dan telah menginfeksi sekitar 6.000 perangkat Android," tulis Kaspersky dalam keterangannya, Sabtu (17/9/2016)

Ribuan perangkat yang telah terinfeksi tersebut tersebar di beberapa negara, termasuk India, Rusia, dan Indonesia.

Kaspersky, seperti dilansir laman Phonearena, Sabtu (17/09/2016) menjelaskan Trojan bekerja dengan merebut paksa akses root untuk menampilkan iklan dan memasang aplikasi berbahaya lainnya tanpa sepengetahuan pemmiliki smartphone Android.

Kemungkinan terburuk, Android yang telah terinfeksi virus Trojan ibaratnya seperti dikuasai oleh orang lain dari jarak jauh. Artinya seluruh data penting seperti password, isi email, percakapan SMS, chatting yang tersimpan di dalam ponsel menjadi sangat rentan dicuri.

Kaspersky telah melaporkan adanya virus Trojan di Aplikasi Guide For Pokemnon Go ini ke pihak Google dan akhirnya telah dihapus dari Google Play Store.

Apabila terlanjur memasang aplikasi Guide For Pokenon Go yang ternyata berisi Trojan, Kaspersky menyarankan pemilik smartphone Android melakukan factory reset atau install ulang untuk menghapus virus tersebut secara permanen.

Tetapi Sebelumnya pastikan sudah mencopot (uninstall) aplikasi tersebut dan lakukan scan terlebih dahulu. Oleh Kaspersky, virus tersebut dideteksi dengan nama Heur:Trojan.AndroidOS.Ztorg.ad.

This Is The Newest Post

3 komentar

wahh baru tau ,kalo di apk. Guide ada virus ,kudu hati2 pakenya

untung aja ane ga pake poGO gan :v


EmoticonEmoticon